SD Cendekia Ambon Juara 1 lomba Bertutur Cerita Rakyat

Sabtu, 21 Februari 2022, tepat pukul dua belas siang. Kantor Bahasa Provinsi Maluku telah mengumumkan penilaian dan juara pada Lomba Video Kreatif Bertutur Cerita Rakyat Maluku,  yang diselenggarakan mulai tanggal 1 Februari hingga 18 Februari 2022 secara online. Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Ananda  Sitti Wardah Ghassani Asit, atau yang akrab disapa Wardah terpilih sebagai juara 1 dengan judul ceritanya  Batu Gila dari Negeri Leinitu di Pulau Saparua, pada kategori kelas 4-6  SD.

Raut wajah bahagia tak bisa dimungkiri lagi oleh Ananda Wardah dan segenap guru SD Cendekia Ambon. Perjuangan yang cukup panjang dari awal memilih naskah, berlatih, pengambilan video hingga proses peng-edit-an akhirnya berbuah manis.

Pada penampilannya, Ananda Wardah bertutur dengan menggunakan bahasa Melayu Ambon. Ananda sempat merasa pesimis dan tidak percaya diri dalam proses pembuatan video yang berulang kali, namun semangat dan dukungan dari para pelatih dan tim pembuat video akhirnya mampu mengibarkan semangat ananda untuk bertutur hingga selesai.

Ananda Sitti Wardah Ghassani Asit merupakan salah satu peserta didik SD Cendekia Ambon yang tengah duduk di bangku kelas 5-A.  Ananda Wardah sangat senang membaca dan menulis. Ketika waktu luang, Wardah begitulah sapaan akrabnya, selalu mengisi waktu luangnya dengan membaca.

“ Ananda Wardah berhak untuk mendapat juara 1. Melihat kegigihannya dalam berlatih dan pengambilan video yang berulang kali, tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia bercerita dengan natural selayaknya orang yang sedang bercerita, dan saya sangat suka dengan logat Melayu Ambon – nya yang sangat kental.” Tutur Ibu Irha Bin Thahir, salah satu pelatih sekaligus guru bahasa Indonesia di SD Cendekia Ambon.

Ini adalah penampilan pertama Ananda Wardah dalam mengikuti lomba bertutur. 




Lihat Video Selengkapnya :



Tonton juga Video lainnya :





 

Oleh: Fallaqiyah Bin Thahir


0 komentar:

Posting Komentar